Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Komponen-komponen Jembatan Gantung

Mengenal Komponen-komponen Jembatan Gantung. Jembatan gantung merupakan sistem struktur jembatan yang menggunakan wire rope atau kabel sebagai pemikul utama beban lalu lintas dan Berat Sendiri. Awalnya Jembatan gantung memiliki kabel berlabuh di tanah di kedua ujung jembatan, tetapi beberapa jembatan suspensi yang modern jangkar kabel ke ujung jembatan itu sendiri. Jembatan gantung awal tidak memiliki menara. Saat ini jembatan gantung bertumpu pada kabel vertikal yang terikat pada tali antara menara tumpuan. Setiap beban yang diterapkan ke jembatan berubah menjadi ketegangan dalam kabel utama. Jembatan suspensi awal memiliki kabel berlabuh di tanah di kedua ujung jembatan, tetapi beberapa jembatan suspensi yang modern jangkar kabel ke ujung jembatan itu sendiri. Jembatan suspensi awal tidak memiliki menara atau dermaga, tetapi ini hadir di sebagian besar jembatan suspensi yang lebih besar.

Jembatan ranca Wiru Lebak Banten

Komponen jembatan gantung terdiri dari 3 bagian yaitu struktur atas, struktur bawah, dan bangunan pelengkap. 

Struktur Atas

Struktur atas dari jembatan gantung terdiri dari 6, sebagaimana ditunjukkan pada gambar berikut ini.

1. Lantai Jembatan

Lantai jembatan berfungsi sebagai pendukung beban lalu lintas yang lewat di atasnya.

2. Railling

Railling merupakan pembatas pada pinggiran jembatan untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jembatan yang melewatinya.

3. Wire Rope Utama

Wire Rope Utama berfungsi sebagai pemikul beban dan gaya-gaya yang bekerja pada hanger dan menyalurkan beban tersebut ke pylon dan angkur utama.

4. Hanger

Hanger pada jembatan gantung adalah komponen yang menahan beban atau berat gelagar atau struktur jembatan.

5. Roller

Roller adalah bagian dari pylon yang letaknya di atas yang berfungsi sebagai tumpuan wire rope utama.

6. Pylon

Pylon berfungsi sebagai penahan beban utama yang timbul dari berat gelagar atau struktur jembatan.

Struktur Bawah

Struktur bawah jembatan gantung terdiri dari dua, yaitu :

1. Pondasi Angkur Utama

Pondasi Angkur Utama berfungsi sebagai pemikul seluruh beban jembatan dan gaya-gaya yang bekerja pada pondasi serta menyalurkan ke lapisan tanah pendukung.

2. Pondasi Ikatan Angin

Pondasi Ikatan Angin berfungsi untuk menahan kabel angin yang dipasang di sebalah kiri dan kanan jembatan untuk mengurangi atau menahan getaran atau goyangan jembatan.

Bangunan Pelengkap

Bangunan pelengkap jembatan gantung terdiri dari tiga, yaitu

  1. Oprit, retaining wall (dinding penahan tanah)
  2. Slope protection (pelindung lereng)
  3. Rambu-rambu dan papan perhatian

Demikianlah artikel tentang Komponen-komponen jembatan gantung, yang bersumber utama dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Peerumahan Rayat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Komponen-komponen Jembatan Gantung"